Something Serious is Important

CMK2ZT3UMAAt6cX

Hi…

Sebelumnya maaf kalau ini bukan postingan ff baru atau kelanjutan secret guard. Tapi aku akan senang jika kalian mau meluangkan waktu buat baca tulisan ini.

Aku sebenarnya bingung mau bikin postingan ini kayak apa, biasanya dituangin ke cerita ff sih.. hehe tapi yang ini pengen aku tulis blak-blakan aja.

Jadi, sebenarnya sudah dari beberapa minggu yang lalu aku menemukan kalau ada yang mencoba mengambil sesuatu dari ff ku, baik itu ide ataupun hal-hal di dalamnya termasuk kalimatnya. Dia tidak mengcopy-paste secara keseluruhan, aku tekanin dia tidak melakukan hal itu. Makanya awalnya aku pikir itu kebetulan dan aku anggap lalu aja. Tapi ternyata nggak cuma satu ff tapi ada beberapa. Dan itu benar-benar bikin saya sedih. Oke, dia memang mencoba menulis ulang, membuat cerita yang beda. Tapi jatuhnya jika dibaca secara keseluruhan kalian akan menemukan beberapa kesamaan dengan ff di blogku, entah kata-katanya, kalimatnya dan bahkan tema ceritanya. Ya, aku nggak akan bilang itu siapa dan aku juga nggak akan ngasih tahu dimana kalian menemukan ff-ff itu. Kalau kalian Ryeowook stan yang suka baca ff dg main cast Ryeowook pasti tahu deh.

Aku nggak berniat sombong atau besar kepala kalau ff ku bagus dan pantas dijiplak.. Hell, ayolah aku bahkan masih belajar menulis. Dan ff ku juga masih kalah jauh dibandingkan author-author terkenal di luar sana yang lama berkecimpung di dunia tulis menulis. Tapi setiap orang pasti tidak ingin kerja kerasnya dicuri begitu saja, bukan? Begitupun denganku. Jadi, jika ada yang merasa mencuri ide orang lain… aku nggak cuma bicara soal dia yang tadi aku sebutkan tapi buat semuanya aja… tolong hargailah orang yang punya ide itu. Ini hanya masalah kecil lho… cuma ff. Coba bayangin kalau yang dicuri adalah ide membuat teknologi mutahir yang akan mengubah dunia? Masa iya kalian tega melakukan hal itu… menyandang nama besar di atas kerja keras orang lain? Oke, ini mungkin sedikit melenceng tapi intinya tetap sebagai generasi muda, ayolah kita bikin ide-ide kita sendiri jangan meniru milik orang lain.

Terinspirasi boleh tapi kita juga harus bisa membedakan mana itu yang namanya terinspirasi dan mana yang namanya mencuri ide dan mengklaim itu hasil kerja keras kamu. Dalam dunia ff kalian tentu tahu disclaimer bukan? Kalau nggak ingin dibilang plagiat atau punya ff yang kelihatan mirip dengan orang lain, kalian bisa tulis di disclaimer dari mana kalian dapat ide ff yang ditulis. Inspirasi bisa dari buku, novel, lagu, drama dan bahkan cerita ff orang lain yang bisa diakses dengan gratis. Tulis semua itu dan membuat orang lain tidak berpikir kamu mencuri ide penulis lain. Aku sebisa mungkin selalu melakukan hal itu, apalagi kalau ngambil banyak bahan ide cerita dari drama dan film pasti aku kasih tahu di disclaimernya.

Kita sama-sama penulis tak dibayar yang rela meluangkan waktu buat nulis lalu posting di blog yang bahkan pengunjungnya pun sedikit. Jadi tolonglah kita saling menghargai kinerja masing-masing.

Sejak awal aku sudah pernah mengatakan kalau aku tidak mempermasalahkan silent reader. Aku benar-benar nggak masalah dengan mereka yang cuma asal baca tanpa ninggalin reward, atau mereka yang sekedar melongok lihat ada ff baru atau nggak, yang follow tapi nggak pernah koment pun aku nggak mempermasalahkan. Tapi jujur aku benar-benar terusik jika ada yang mencoba mencuri karyaku, baik secara keseluruhan, sebagian, idenya saja, penggalan kalimatnya saja dan mungkin artworknya saja. Tapi untungnya aku bukan tipe orang yang pendendam jadi sama sekali tidak ada pemikiran untuk memusuhi dalam otakku. Aku bikin postingan ini buat saling menyadarkan aja, bukan buat menyalahkan orang tertentu.

Dan aku juga nggak berniat berhenti menulis karena masalah seperti ini. Setidaknya untuk sekarang aku masih akan terus menulis, meski pengunjung blog nggak bertambah atau nggak ada yang berkomentar pun aku akan tetap menulis. Seperti tulisan yang selalu menghuni header blog… writting is other way to express your feeling. Ya, karena ini caraku untuk mengekspresikan perasaanku. Tidak sebatas perasaan suka dan sayang untuk Ryeowook, tapi juga untuk hal-hal lain. Untuk keluarga, sahabat dan hal-hal kecil seperti hujan atau kopi, bahkan perasaan ketika bad mood, ketika bosan, ketika sedih, ketika bahagia… semua itu… aku lebih suka mengekspresikannya dalam tulisan. Mungkin memang nggak selalu aku posting, tapi terkadang karena hal-hal yang aku sukai dan hal-hal yang tengah mengacaukan perasaanku itulah yang menjadi bahan tulisan di beberapa ff ku.

Dan sebenarnya sudah lama aku mau nulis uneg-uneg itu dan mempostingnya. Tapi selalu ragu.. takut kalau kalian akan mengatakan hal-hal yang buruk, takut kalau kalian akan berhenti menyukai tulisanku. Tapi karena aku sudah mengganggap kalian semua temanku, maka dari itu aku ingin berbagi dengan teman-temanku. Dan karena ada seseorang yang tadi malam berbaik hati mention aku di twitter cuma buat bilang ada ff yang dia baca dan kebetulan mirip dengan punyaku, hingga dia bahkan bersedia membantu, aku akhirnya berani buat nulis ini. Terimakasih yaa… πŸ™‚

Aku minta maaf jika apa yang kutulis menyinggung hati kalian. Aku bukan pendendam, jadi siapapun yang merasa telah mencuri sesuatu di blog ini, aku tidak akan marah dan mari kita perbaiki semuanya lalu menjadi teman. Jujur, bagaimana pun aku seneng kalau ada orang lain yang bikin ff dengan cast Ryeowook. Yah, kita tahu bagaimana langkanya ff Ryeowook di dunia per-ff an Indoensia… kekeke.

Hmm…. satu lagi, karena sebenarnya saya sering jalan-jalan menjelajah blog terutama di blog yang ada ff Ryeowook nya, jadi aku tahu betul siapa kamu. Jadi, Aku punya beberapa buktinya kenapa aku bisa bicara seperti tadi. Aku nggak mengancam atau apapun itu… seriously, aku cinta damai :D. Yah, itu cuma buat jaga-jaga aja sih kalau nanti ada apa-apa.

Tawaranku yang tadi masih tetap berlaku sampai kapanpun. Tawaran tentang menyadari kesalahan dan memperbaiki semuanya lalu menjadi teman. πŸ™‚

Oke, mungkin sekian aja…. aku nggak akan banyak bicara lagi. Aku tahu kalian lagi berbahagia dengan MV teaser dan highlight medley nya The Little Prince πŸ˜€ Well, seriously i love everything about the album. Let’s support uri little prince.

Dan terimakasih buat kalian semua yang masih bersedia membaca tulisanku, dan bahkan berkomentar. Thank you and i love you ^^

 

 

 

 

Advertisements

6 thoughts on “Something Serious is Important

  1. Wahh, aku mengerti perasaan eonni~~
    Gak enak bgt klo karya dan ide kita diambil tanpa izin sma orang gtd kkk~

    Mereka mengambil ide” yg ada di ff buatan eonni karena mereka merasa kalau ff buatan eonni ini keren *walaupun hanya seorang author yang meluangkan apa yg dipikirkannya melalui sebuah cerita* #just my opinion, right?

    Abaikan saja, tidak ush dipikirin (walaupun susah)…

    Terus berkarya! Buat ff Ryeowook yg banyak agar nggak punah *LoL* bnyak orang yg menyukai ff”mu, eonni~

    Note :
    β€’ aku salah satu silent reader yg ditulis diatas karena bnyak alasan, yg pertama aku lupa passwordku, trus setiap mau komentar selalu gak bisa terus :” makanya aku suka males komen (disemua ff yang pernahku baca, kecuali author yg udh aku stalk dan mereka pnya bbm atw twitter atw facebook dan lain”) tapi sekarang aku udah bisa komen! *tebar album The Little Prince*
    β€’ aku udh baca semua ff eonni yg ada di blog ini *yg castnya Ryeowook aja* dan maaf gara” gak pernah kasih komen waks~ πŸ˜› karena dari awal aku berpikir klo komentarku tidak ‘penting’

    SEMANGAT SECRET GUARD NYA DAN FF” YG LAIN, BUAT FF TENTANG RYEOMIN LAGI YA, JANGAN SAMPAI KARYA EONNI PUTUS DITENGAH JALAN KARENA ORANG” GTD ITU! *capslock jebol*

    νŒŒμ΄νŒ… μ‚¬λž‘ν•©λ‹ˆλ‹€~ β™‘

  2. yeah sbnrnya aku udh tau. tpi aku diem jga
    ff ff eonni emang bagus bagus bngt malah. dia jga sbnrnya udh bgs ada niat pngn bsa nulis ff yah walaupun mngkn niru ide lalu ada yg diperbaiki oleh dia spya agak beda.
    aku ga mihak siapapun sih aku cuma berharap dia mengakui kslahannya dan kalian cpt berbaikan ^^ fighting

    • Alhamdulillah udah clear… dia langsung line aku waktu itu dan minta maaf.
      terimakasih buat dukuangannya….. baik untukku dan jua untuknya. πŸ™‚

      • iya sama sama. aku pikir smua manusia pasti pernah berbuat salah hehe aku juga mikirny kita sama sama elf masa iya sling bermusuhan kan? aku tau eonni pasti memaafkan krna eonni org yg baik ^^

  3. Hwaiting unnie!! Keep writing~~
    Saya juga rasanya tau..sebabnya mmg pernah baca ff-ff yg mmg mirip dgn ff unnie.. mmg terkejut dan rasa pelik..
    Bagus la kalau kalian udah berbaikan..
    Saya nungguin ff karangan dr unnie.. hwaiting!!

Please Leave Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s